Jumat, 13 Februari 2009

Keseimbangan Desain

Keseimbangan dalam menentukan letak dari sebuah objek, dapat turut menentukan “rasa” dari sebuah situs Web. Sebuah situs Web yang dapat dikatakan ideal akan sangat mempertimbangkan keseimbangan objek dalam tampilannya. Bagaimanakan hendaknya mempertimbangkan keseimbangan dalam sebuah situs Web?
Secara sederhana, kita dapat mengkiaskan keseimbangan dalam desain ini dengan sebuah balok. Bila ia sisi kanan dan kiri memiliki berat yang sama, ia akan tegak / tidak miring. Keseimbangan tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran dari objek itu, tapi juga kekontrasan dan bentuk turut mempengaruhi keseimbangan.

Keseimbangan adalah aturan dari kekontrasan visual yang sangat penting. Kekontrasan biasanya memandu mata dan sangat bermanfaat bagi pengunjung. Ketika menyusun elemen-elemen situs dalam halaman, yang harus Anda pertimbangkan adalah “Bobot visual” dari setiap elemen. Bobot elemen biasanya dapat lebih dikenali dari ukuran objek, harga, dan kepadatan dari detail atau tekstur. Bila kekontrasan antar elemen terlalu besar, keserasian dan keseimbangan akan hilang.

Hubungan antara proposi dan ukuran harus benar-benar dipertimbangan ketika Anda ingin menghadirkan keseimbangan. Semua objek dalam halaman Web Anda harus dipertimbangkan hubungannya dengan objek lain. Oleh karena itu, bila sebuah objek yang besar akan terlihat lebih besar bila disampingnya terdapat objek yang kecil, hal tersebut sangat mempengaruhi keseimbangan.

Keseimbangan Simetris
Keseimbangan simetris dapat dikiaskan sebagai keseimbangan cermin, berarti, sisi-sisi yang berlawanan harus sama persis untuk menciptakan keseimbangan.Bila kita menarik garis lurus pada bagian tengah maka, bagian yang satu akan menjadi cerminan bagi yang lain. Keseimbangan simetris ini sering disebut juga dengan keseimbangan formal.

Keseimbangan Asimetris
Keseimbangan yang terjadi bila objek-objek berlawanan tidak sama atau seimbang, misalnya sisi satu memiliki objek lebih kecil dari objek yang lainnya. Keseimbangan Asimetris dapat memberi kesan santai dan casual, namun demikian penggunaan asimetris akan memiliki kesulitan tersendiri bagi desainer, karena ia harus menentukan layout dengan teliti untuk memberikan kesan bahwa desain tersebut masih seimbang. Dalam membuat tata letak yang asimetris agar tetap terlihat seimbang, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan

Keseimbangan Warna
warna dapat menjadi penyeimbang antara objek yang besar dengan objek yang lebih kecil. Bila sebuah objek lebih besar dari yang lain, pergunakan warna pudah atau warna yang tidak terlalu kuat pada objek besar, sedangkan pada objek kecil, pergunakan warna yang kuat.

Keseimbangan Bentuk
Objek yang memiliki kesan datar namun dengan detail bentuk yang sederhana, akan seimbang dengan objek kecil dengan detail yang lebih teliti.

Keseimbangan Posisi
Menempatkan objek yang dominan pada posisi agak ke tengah akan terlihat seimbang dengan area dan objek yang lebih kecil pada lawan arahnya.

Keseimbangan Radial
Keseimbangan radial lebih mudah untuk diimplementasikan, dikarenakan objek akan seimbang bila objek berada di tengah. untuk itu, dengan menempatkan objek pada posisi tengah, desain akan nampak seimbang.

dari berbagai sumber .....

Semoga Bermanfaat !!!
--> Read more...

5 hal dalam mendesain web

Jika Sobat NGEBLOG ingin membuat website untuk bisnis online, ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian extra untuk menjamin hasil yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal.

Berikut adalah 5 Tips yang harus diperhatikan untuk mendesain website Anda:

1. Jangan gunakan splash page.

Splash page adalah halaman pertama yang biasanya kita lihat di bagian depan sebuah website. Biasanya disana ada gambar dengan kalimat seperti: “Selamat Datang” atau “Klik Disini Untuk Masuk”. Pada kenyataannya halaman splash page ini hanya — kelihatannya indah tanpa kegunaan yang jelas. Jangan biarkan pengunjung web anda mempunyai kesempatan untuk klik: tombol back! Berikan mereka nilai tambah sejak awal mereka ada di website anda.

2. Jangan gunakan banner iklan berlebihan

Bahkan pemula di internet sekalipun sudah terbiasa untuk menghindari banner, oleh karena itu jangan buang space di website anda, sebaliknya sediakanlah lebih banyak isi yang berkualitas dan isikan affiliate link yang relevan di conten web anda, dan biarkan pengunjung anda merasa bahwa mereka ingin membeli, daripada mereka dipaksa untuk membeli.

3. Letakkan menu navigasi yang sederhana dan jelas.

Anda perlu menyediakan menu navigasi yang sederhana dan jelas di website anda yang mengarah ke berbagai halaman web anda yang lain dengan mudah.

Jauhi menu berupa Flash yang rumit atau menu dropdown yang membingungkan, misalnya. Jika pengunjung web anda tidak tahu kemana mereka harus pergi di web anda, maka mereka akan meninggalkannya.

Berikan petunjuk yang jelas dimana pengunjung anda berada saat itu.

4. Perhatikan besar gambar yang anda pergunakan dan berapa lama proses loadingnya.

Penting sekali untuk mempertimbangkan besar gambar yang anda pergunakan dalam menghiasi website anda. Pastikan anda mengoptimasinya terlebih dahulu sehingga pengunjung web tidak harus menunggu berlama-lama hanya untuk menunggu seluruh gambar dalam halaman terbuka.

Masih banyak pengunjung yang menggunakan warnet atau akses internet lambat, sehingga proses kecepatan loading perlu mendapat perhatian yang baik.

5. Jangan gunakan audio atau suara-suara di website Anda

Jika anda ingin pengunjung web anda berada lebih lama di website anda, membaca conten web anda, pastikan mereka tidak terganggu dengan suara-suara apapun. Jikapun anda terpaksa menggunakan audio, maka pastikan mereka bisa mengontrolnya — dengan menyediakan menu pause atau play. Tidak semua orang suka dengan suara musik tertentu.


penulis : kerjakeras
--> Read more...

Yuk Belajar Desain...

Definisi Desain Grafis:
adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:

1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet,
flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film : termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang
mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk : Pemaketan dan sejenisnya.

Program Pengolah Grafis

Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition

5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro

Semoga Bermanfaaat
--> Read more...

Rabu, 11 Februari 2009

Cara cepat blog terindeks Search Engine

Coba periksa website/blog Anda apakah sudah terindeks google dan search engine lain? Masukkan URL Anda di google (misalnya: http://website_name.com). Adakah?

Apakah sudah ada? Jika website Anda belum ada dalam hasil pencarian, ada teknik-teknik agar halaman Anda terindeks search engine.

Teknik tersebut adalah:

1. Buat link pada halaman yang sudah terindeks search engine ke arah website kita yang baru. Profil kita di friendster (misalnya: “www.friendster.com / okam” adalah contoh yang bagus untuk membuat link ke arah blog atau website kita. Karena biasanya halaman ini telah terindeks search engine. Semakin tinggi posisi halaman tersebut dalam search engine (PageRank) berarti semakin cepat webiste baru kita terindeks.
* Anda bisa mengontak teman Anda yang blognya sudah terindeks search engine untuk memasang link kepada Anda.
* Jika profil / blog Anda di friendster / multiply sudah terindeks, Anda bisa pasang link di profil Anda tersebut.
* Rajin mengisi blog Anda. Google analytic yang merupakan plug-in wordpress akan selalu memantau aktivitas Anda.
2. Submit manual melalui URL berikut (GRATIS):
* Google: http://www.google.com/addurl.html
* Yahoo: http://search.yahoo.com/info/submit.html
* Altavista: http://www.altavista.com/addurl/
* DMOZ / ODP: http://www.dmoz.org/add.html
* Alexa: http://www.alexa.com/support/get_archive.html
* MSN: http://search.msn.com/docs/submit.aspx
3. Submit URL yang bayar:
* Lycos: http://home.lycos.com/addasite.html
4. Sebelum Anda men-submit URL website Anda, pastikan:
* Website atau blog Anda sudah jadi (tidak under construction).
* Tidak ada dead link dalam website Anda.
* Website Anda dibuat agar search engine friendly.

Setelah Anda submit URL Anda, tunggulah dengan sabar. Kalau beruntung website Anda akan terindeks dalam waktu kurang dari 24 jam, kalau tidak beruntung Anda harus menunggu 3 bulan, bahkan mungkin aplikasi Anda tidak diterima Search Engine. Anda bisa submit ulang jika dalam waktu 3 bulan website Anda belum muncul dalam search engine.

Apa yang harus dilakukan selama menunggu? Membangun link. Bisa jadi tiba-tiba website Anda nongol bukan karena submit manual, tetapi karena link dari website lain.

Selamat mencoba.

Penulis: Oka Mahendra
--> Read more...

Cara Membuat Blog yang Disukai Google & Yahoo

Artikel ini membahas tentang kriteria blog atau website yang disukai google atau yahoo, dengan kata lain bagaimana agar berada pada posisi tinggi saat orang memasukkan kata kunci di Google / Yahoo.

Yahoo menyukai:

* Halaman yang unik, asli, bermutu (bukan copy-paste dari sumber lain)
* Halaman yang didesign untuk manusia, bukan untuk search engine.
* Link dalam halaman tersebut berhubungan dengan isinya.
* Metadata (title, description, keyword) yang benar-benar mendeskripsikan isi.
* Design web yang baik secara umum.

Yahoo tidak menyukai (halaman ini akan hilang dari database Yahoo atau berada di urutan paling buncit):

* Halaman yang mempengaruhi keakuratan atau relevansi search result.
* Halaman yang redirect ke halaman lain (doorway)
* Banyak situs atau halaman yang isinya sama.
* Halaman yang sebagian besar isinya berisi atau link ke halaman website lain, misalnya isinya tentang program-program afiliasi.
* Web dengan jumlah hostname virtual yang sangat banyak.
* Halaman yang sangat banyak, dibuat secara otomatis tanpa isi yang bernilai (cookie-cutter pages)
* Halaman yang menggunakan metode artifisial (buatan) untuk mempengaruhi search engine rangking.
* Halaman yang menggunakan teks atau link yang tidak terlihat pengunjung.
* Halaman yang berbeda dilihat search engine dan pengunjung normal (cloaking).
* Terlalu banyak link ke situs lain untuk mempopulerkan situs tersebut (link schemes).
* Halaman yang dibuat dengan tujuan utama untuk Search Engine dengan banyak keyword dan tidak relevan.
* Penggunaan nama atau merek yang bukan haknya.
* Situs yang membuka banyak pop-ups, menginstall malware, spyware, virus, trojans, atau mempengaruhi user navigation browser pengunjung.
* Halaman yang terlihat berisi penipuan atau kecurangan.

Website / blog yang berkualitas menurut google

Design dan isi yang sukai google:

* Situs dengan susunan yang jelas dan menggunakan teks sebagai link (bukan gambar). Setiap halaman harus dapat dicapai dengan satu buah teks link statik.
* Memiliki site map yang memudahkan pengunjung, jika satu halaman site map terdapat lebih dari 100 link, maka pisahkan dalam halaman lain.
* Berisi informasi yang berguna, padat dan isinya jelas.
* Pikirkanlah kata-kata apa yang dicari orang untuk membuka website Anda, pastikan bahwa dalam web Anda benar-benar terdapat kata tersebut.
* Usahakan menggunakan teks, bukan gambar untuk menjelaskan nama, isi, atau link. Google crawler tidak mengenali teks yang ada di dalam gambar.
* Pastikan judul dan atribut ALT akurat.
* Periksa apakah ada link yang mati dan kode HTML yang salah.
* Jika Anda menggunakan dynamic pages, (misalnya URL dengan tanda “?”, berhati-hatilah bahwa tidak setiap search engine dapat mengindeks halaman dinamic. Buat parameter sesingkat mungkin dan sesedikit mungkin.
* Link dalam satu halaman kurang dari 100 buah.

Hal-hal yang dilarang google:

* Jangan membuat halaman yang berbeda ketika dilihat pengunjung atau search engines (cloaking).
* Tidak menggunakan trik untuk meningkatkan ranking search engine. Cara yang mudah untuk meningkatkan ranking di google adalah dengan bertanya pada diri sendiri: Apakah web saya berguna bagi pengunjung?
* Jangan tukar menukar link dengan website atau blog yang isinya tidak berhubungan dengan website atau blog Anda (link schemes).
* Jangan menggunakan tool otomatis untuk submit page atau check page rank, google tidak merekomendasikan program semacam WebPosition Gold.
* Hindari teks atau link yang tidak kelihatan (kecil sekali atau warnanya sama dengan background)
* Jangan menggunakan cloaking atau sneaky redirect.
* Jangan menggunakan submit otomatis ke search engines.
* Jangan mengisi halaman dengan keywords yang tidak relevant.
* Jangan membuat halaman, subdomain, atau domain dengan isi yang sama persis.
* Jangan membuat halaman yang ditujukan untuk phising, menginstall virus, trojan, atau badware lain.
* Hindari doorway yang hanya dibuat untuk search engines.
* Hindari halaman yang hanya berisi program afiliasi dengan sedikit atau tidak ada isi yang original.
* Jika situs Anda berisi tentang program afiliasi, pastikan bahwa situs Anda memiliki nilai tambah.
* Isi website Anda dengan tulisan yang unik (bukan copy-paste) dan isi yang relevan.

Saran dari google (Google Friendly Site):

* Berikan informasi yang dibutuhkan pengunjung dengan infomasi yang berkualitas.
* Pastikan website lain memasang link ke website Anda. Dalam menentukan ranking, Google mengkombinasikan jumlah link yang mengarah ke website Anda (pagerank) dan isi dari website Anda.
* Buat website yang mudah dalam hal navigasi. Semua halaman harus terhubung minimal dengan satu teks link.
* Hindari “cloaking” atau membayar SEO service, yaitu perusahaan yang menawarkan bisa meningkatkan posisi Anda pada search engine. Banyak metode yang dilakukan oleh SEO Service melanggar ketentuan google ini.

Bagaimana, sekarang cek apakah website atau blog Anda sesuai dengan kriteria di atas?

Penulis: Oka Mahendra
--> Read more...

MEMBUAT BANNER BALIHO

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan bagi seorang desain grafis bila ingin mendesain sebuah banner maupun baliho, karena sizenya yang besar sehingga sangat mungkin mengurangi memory ram dan daya kerja di komputer, komputer kita bisa menjadi sangat lambat aksesnya dan akhirnya memakan waktu yang lama bahkan terkadang komputer bisa hang.

Tips berikut mudah-mudahan bisa bermanfaat khususnya para desain grafis maupun pengunjung blog ini. Tips ini juga hasil dari pengalaman liku-liku saya selama mengerjakan pembuatan banner, baliho dan sejenisnya.

* membuat banner dan baliho bisa memakai adobephotoshop, coreldraw, illustrator dan freehand
* karena proses akhir cetakan menggunakan mesin digital printing upayakan file terkonvert atau di-export ke file JPG dengan proses warna CMYK bukan RGB.
* jangan pernah dilupakan bahwa dalam mengerjakan-nya harus menggunakan warna CMYK sekali lagi CMYK karena hukumnya Wajib dan di haramkan dalam dunia desain. Kenapa ? kenapa tidak boleh RGB, apa artinya RGB dan CMYK. silahkan baca penjelasannya tentang RGB dan CMYK.
* jika ukuran banner sangat besar misal : 2m x 3m, 3m c 4m, 3m x 5m, 10m x 2m, 25m x 3m dan ukuran big size lainnya pakai alternatif resolusi 96 atau 100 dpi.
* jangan membuat ukuran banner khususnya yang besar dan panjang dengan ukuran asli, pakai ukuran image sizenya dengan setengahnya misal ukuran 3x5 meter di perkecil 1.5 x 2.5m dg resolusi 100dpi (di potoshop).
* ukuran big size sebaiknya menggunakan perbandingan dari aslinya misal 50% dari ukuran sebenarnya. gunakan imagesize di photoshop dan atur sesuai kebutuhan.
* usahakan memoy sizenya di sheetnya tidak melebihi 500mb ( maksudnya memory yg dibutuhkan saat mengerjakan desain tersebut, biasanya bisa dilihat di toolbar nav bawah misal Doc: 100M : 50M
* agar gambar tidak pecah ambil gambar ukuran sizenya diatas 150kb atau minimal bila di lihat gambar tidak pecah
* jangan memaksakan gambar yang tidak maksimal karena sangat mempengaruhi hasil dan kualitas, sebagus apapun desain akan mengurangi mutu jika gambar pecah
* resolusi gambar 72dpi bukan berarti gambar jelek dan pecah, coba di cek di photoshop lihat sizenya misal jika size 500pixel resulosi 72 artinya gambar cukup bagus
* deteksi gambar pecah atau tidak harus dilihat resulosi dan pixelnya seimbang
* di coreldraw setelah selesai lebih baik file diexport ke JPG dg resolusi 300 dpi dan original size serta image with CMYK. Semakin besar ukurannya maka resolusi harus dikurangi termasuk prosentasi size nya.

Point point diatas sebenarnya masih banyak lagi karena sebenarnya dasar-dasar pengerjaannya yang harus diketahui adalah seputar resolusi dan size serta pixel.. dalam artian diluar tehnis sejauh mana skill desainer tersebut mengerjakannnya.

Sumber : Adiguna
--> Read more...

Senin, 09 Februari 2009

Ubah Tampilan Komputer Kamu

Tampilan masih standar.....itu2 melulu????? Bosan ya......skarang ganti tampilan KOMPUTERmu dengan Vista Start Menu.

Pake System Operasi Windows tapi tampilan nya VISTA punya Nih...
buat Sobat NGEBLOG yang pengen silahkan Klik DISINI.

Selamat BEr VISTA ria
--> Read more...

Minggu, 08 Februari 2009

Ganti Icon Flasdhisk

Sudah bosan dengan icon defaultyna flashdisk teman-teman, kalau memang udah bosan dan gak tau cara ngubahnya, mungkin tutorial ini merupakan sebuah hal yang telah lama teman-teman tunggu, walaupaun mungkin sudah banyak dari teman-teman yang sudah mengetahuinya.

untuk membuat icon untuk flashdisk teman-teman, ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan diantaranya, sebuah icon yang akan teman-teman jadikan icon untuk flashdisk teman-teman, dan yang sedua adalah sebuah file autorun yang akan meload icon tersebut setelah flashdisk teman-teman dicolokkan ke komputer~!

kalau untuk iconnya teman-teman boleh memakai icon apa saja yang teman-teman sukai, kalau udah ketemu am icon yang teman-teman sukai sekarang saatnya untuk membuat file autorunnya .
untuk membuat file autorun untuk menjalankan icon tersebut ketiklah mantera berikut di notepad teman-teman:

[AtuoRun]
Icon=nama_icon.ico
kalau udah selesai membuatnya sekarang savelah file tersebut dengan format *.inf.
Tapi tolong diinget kalau mengcopy autorun dan iconnya jangan di dalam folder, tempatkan saja di root flashdisk teman-teman.

selamat mencoba...

sumber : ridhars
--> Read more...

 

  © 2009 Ngeblog Yuk

True Contemplation Blogger Template by M Shodiq Mustika